5 Cara Untuk Memastikan Keaslian Sebuah Cincin Berlian

cincin berlian

Mencari tahu mengenai keaslian cincin berlian tentunya menjadi suatu hal yang menarik. Bagi seorang profesional, tentunya tidak akan menemukan kesulitan untuk mengetahui keaslian berlian ini. Namun lain cerita bagi seorang yang masih awam mengenai dunia perhiasan berlian, hal ini akan menjadi suatu kesulitan cukup berarti.

Padahal tidak sulit juga untuk bisa mengetahui akan perhiasan yang berbalut berlian ini. Setidaknya ada berbagai metode sederhana untuk memastikan asli tidaknya sebuah berlian ini. Lebih lengkapnya bisa Anda simak ulasannya dibawah ini.  

Berbagai Metode Untuk Mengecek Keaslian Sebuah Cincin Berlian

cincin berlian

Untuk mengusir keraguan Anda dalam mengetes keaslian sebuah cincin berlian terbaru ini, setidaknya Anda bisa melakukan berbagai hal sebagai berikut: 

Memperhatikan Pemasangannya

Mengingat berlian ini merupakan salah satu perhiasan yang sangat eksklusif, maka akan sangat tidak wajar bila dipasang pada logam yang terkesan murahan. Yang mana dalam logam yang menyangga berlian ini, biasanya akan dilengkapi dengan sebuah stempel penandanya. 

Stempel yang tersemat pada material logam cincinnya biasa menunjukan pertanda seperti 10K, 14K, 18K, 585, 750, 900, 950, dan lain sebagainya. Sementara bila Anda menemukan cincin berlian asli dengan stempel “C.Z”, maka itu pertanda bahwa berlian tersebut adalah berlian palsu. Yang mana C.Z ini sendiri merupakan singkatan dari Cubic Zirconia (zirconia rubik), yang memiliki artian sebagai berlian sintetis.

Menggunakan Lup 

Untuk memastikan keaslian sebuah berlian, juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan lup atau sebuah kaca pembesar khusus. Berlian yang asli dan sudah melewati proses penambangan, biasanya akan terlihat kecacatan kecil atau inklusi, yang bisa dilihat hanya melalui sebuah lup ini. 

Lain lagi dengan sebuah berlian sintetis, biasanya tidak akan ditemukan bentuk kecacatan karena sudah melalui pembuatan laboratorium dan sudah dikembangkan dengan sebaik mungkin. 

Melihat Bayangannya

Berlian yang asli biasanya akan menghasilkan bayangan berwarna keabu-abuan. Coba lihat secara lurus ke arah atas berlian, jika Anda menemukan pantulan berwarna pelangi, maka besar kemungkinan bahwa berlian tersebut adalah yang berkualitas rendah atau palsu. 

Menggunakan tes embun

Seperti halnya Anda sering iseng menghembuskan nafas ke hadapan cermin, lakukan hal serupa ke sebuah permukaan berlian yang ingin Anda cek keasliannya. Jika embun dalam berliannya bisa langsung hilang dalam hitungan detik, maka bisa dipastikan berlian tersebut adalah yang asli. 

Hal tersebut disebabkan karena berlian memiliki sifat mendispersikan panas dengan cepat ketika Anda hembuskan nafas. Jadi kalau misalkan Anda menemukan berlian sedikit kesulitan untuk menghilangkan embun hasil hembusan nafas, Anda patut mempertanyakan keaslian berlian kepada si penjual perhiasannya. 

Lakukan Tes Keterbatasan pada Berlian

Dengan melihat keterbatasan atau refractivity pada berlian bisa juga Anda lakukan untuk menguji keasliannya. Cara termudah untuk melakukan keterbatasan pada berlian ini, bisa Anda lakukan dengan cara meletakkan berlian yang mau diuji keasliannya di atas permukaan koran. 

Jika Anda masih bisa membaca tulisan pada koran tersebut dengan media berlian diatasnya, maka bisa dipastikan bahwa berlian tersebut adalah yang palsu. Sebab sifat dari berlian asli adalah akan membelokkan cahaya, sehingga Anda tidak akan melihat tulisan apapun di koran tersebut. 

Itulah berbagai metode sederhana untuk bisa memastikan keaslian sebuah berlian. Kalaupun Anda ingin mendapatkan perhiasan cincin berlian yang tidak bisa diragukan keasliannya, bisa Anda beli di Mondial Jeweler. 

Selain sudah dipastikan keasliannya, di Mondial Jeweler ini juga menawarkan banyak sekali model serta desain perhiasan berlian terbaru dan juga kekinian. 

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top