Inilah Penyebab Mata Kering dan Cara Mengatasinya

Apa mata Anda terasa kering dan tidak nyaman? Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, mata kering adalah masalah umum yang sangat mudah untuk diatasi. Namun meskipun begitu, Anda tidak boleh membiarkannya begitu saja. Cari tahu apa penyebab mata kering dan cara mengatasinya di sini!

Penyebab Mata Kering

Ada banyak faktor dan penyebab mata kering, berikut adalah penyebab yang paling sering terjadi:

1. Lingkungan dan Aktivitas

Penyebab utama mata kering biasanya adalah lingkungan dan aktivitas. Adapun lingkungan yang menyebabkan mata kering yaitu debu, asap, cuaca kering, matahari, angin, dan lain sebagainya. Selain itu, aktivitas juga menyebabkan mata kering misalnya terlalu lama menatap layar. 

2. Proses Penuaan

Mata kering sering dialami oleh orang dengan usia lanjut. Pasalnya, salah satu penyebab mata kering yaitu akibat proses penuaan. Saat usia bertambah dan memasuki usia lanjut, elastisitas kelopak mata berkurang, begitu pula produksinya. Oleh sebab itu, membuat mata menjadi kering.

3. Perubahan Hormon

Selanjutnya, perubahan hormon juga menyebabkan mata kering. Penurunan hormon androgen terutama pada ibu hamil menyebabkan mata kering. Biasanya, mata kering akan terus berlanjut hingga proses persalinan dan menyusui.

Cara Mengatasi Mata Kering

Selanjutnya, Anda perlu mengetahui cara mengatasi mata kering berikut ini:

1. Obat Tetes Mata

Ada obat tetes mata yang fungsi utamanya untuk mengatasi mata kering. Peran dari obat tetes mata ini yaitu menjadi air mata buatan. Pasalnya, salah satu penyebab terjadinya mata kering yaitu akibat kekurangan produksi air mata. Anda bisa memakai obat tetes mata sesuai dosis.

2. Kompres Hangat

Lakukan kompres hangat pada mata selama kurang lebih 5 menit. Manfaat dari kompres hangat yaitu mengurangi gejala mata kering dan mata lelah. Namun Anda perlu ingat bahwa Anda tidak boleh mengompres mata menggunakan kantung teh karena menyebabkan iritasi.

3. Istirahatkan Mata

Cara terakhir yaitu mengistirahatkan mata, apalagi jika mata kering disebabkan terlalu lama menatap layar. Alihkan pandangan mata ke tempat yang jauh. Kalau bisa, Anda harus berhenti menatap layar sampai mata sembuh. Itulah informasi mengenai penyebab mata kering dan cara mengatasinya. Insto adalah salah satu pilihan untuk Anda yang ingin mengatasi mata kering. Jangan lupa hindari penyebab mata kering untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top