Study in Indonesia: 6 Fasilitas Unik yang Dimiliki Universitas Indonesia

study in Indonesia

Kampus yang ada di Indonesia sekarang sudah memiliki fasilitas layaknya kampus-kampus luar negeri. Jadi study in Indonesia atau kuliah di Indonesia memberikan pengalaman yang tidak jauh berbeda dari luar negeri. Universitas Indonesia atau UI merupakan kampus bergengsi yang menawarkan atmosfir belajar level internasional. Bagaimana tidak, kampus yang dikenal sebagai “Kampus Perjuangan” ini merupakan universitas ranking 1 di Indonesia versi THE WUR. 

Selain itu, kampus ini juga menawarkan fasilitas lengkap. Bahkan ada beberapa di antaranya yang termasuk unik karena tidak dimiliki oleh semua kampus. Apakah Anda sudah penasaran apa saja fasilitas-fasilitas unik tersebut? Berikut adalah daftarnya:

Crystal of Knowledge

Crystal of Knowledge

Dari namanya saja sudah sangat unik bukan? Crystal of Knowledge merupakan nama perpustakaan pusat. Ada satu perpustakaan pusat dan setiap fakultas juga memiliki perpustakaan sendiri-sendiri. Tidak hanya namanya yang unik, perpustakaan ini memiliki lebih dari 6 juta koleksi buku sebagai sumber ilmu.

Lahan yang digunakan khusus untuk perpustakaan adalah 2,5 Ha. Sementara luas bangunan khusus untuk perpustakaan adalah 33.000 meter persegi. Di dalam perpustakaan ada ruang baca yang dilengkapi dengan 100 buah silent room. Kapasitas yang bisa ditampung sekaligus sangat fantastis yaitu mencapai 10.000 orang pengunjung.

Sarana Olahraga (SOR)

Sarana Olahraga atau SOR merupakan pusat pengembangan kawasan olahraga. Berbagai fasilitas olahraga ditawarkan di tempat ini mulai dari lapangan voli, basket, dan juga tenis. Zona 1 yang seluas 7.425 meter persegi ternyata sudah memenuhi standar internasional. Untuk memaksimalkan fasilitas, SOR juga sudah dilengkapi dengan ruang ganti, kamar mandi, loker, dan juga mushola.

Felicity Festival

Felicity Festival atau Felfest merupakan fasilitas yang mendukung berbagai macam program dan kegiatan kampus. Awalnya hanya mahasiswa, dosen, dan member saja yang bisa menggunakannya. Namun sekarang umum juga sudah bisa menyewa dan menggunakannya. Ada juga beberapa fasilitas olahraga dalam ruangan seperti panahan dan kolam renang di tempat ini.

Gymnasium dan Stadion

Olahraga memang menjadi salah satu bidang yang diminati oleh mahasiswa. Oleh sebab itu pihak kampus menawarkan banyak fasilitas olahraga untuk mendukung kegiatan mahasiswa. Fasilitas Gymnasium bisa digunakan untuk olahraga indoor seperti bulu tangkis dan voli. Sedangkan Stadion digunakan untuk atletik dan sepakbola. Stadion ini sudah memiliki tribun penonton dan ruang ganti seperti stadion profesional.

i-CELL

i-CELL atau Integrated Creative Engineering Learning Laboratory merupakan fasilitas laboratorium penelitian yang terintegrasi. Laboratorium ini milik Fakultas Teknik. Luas bangunan yang mencapai 8.410 meter persegi terdiri dari 8 lantai dan 1 rooftop laboratorium. Keunikan lain dari i-CELL adalah penerapan konsep green dan smart building. Laboratorium ini mengimplementasikan sirkulasi udara, energi bebas karbon, dan fitur teknologi water harvesting. Sangat unik bukan?

Pusgiwa

Fasilitas unik terakhir yang membuat pengalaman kuliah di Indonesia semakin lengkap adalah Pusgiwa yang merupakan singkatan dari Pusat Kegiatan Mahasiswa. Sama seperti i-CELL, gedung setinggi 8 lantai ini juga menerapkan konsep green building. Pusgiwa juga didesain hemat energi dan ramah terhadap mahasiswa difabel.

Itulah fasilitas unik yang bisa didapatkan jika kuliah di Universitas Indonesia atau UI. Study in Indonesia juga semakin lengkap apabila Anda mengikuti kegiatan-kegiatan yang banyak dilakukan di kampus. Ada tiga jalur masuk umum untuk menjadi mahasiswa kampus ini yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan kesempatan terakhir di SIMAK. Pendaftaran mahasiswa baru akan selalu diperbarui di laman resminya yaitu www.ui.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top