Bukan Cuma Harga Ban Mobil Saja, Perhatikan Ini Saat Membeli Ban!

Harga ban mobil

Sebagian besar orang selalu memperhatikan harga ban mobil saat ingin membelinya. Sebenarnya harga memang menjadi pertimbangan karena berhubungan dengan budget. Namun, harga bukan menjadi patokan utama. Ingat bahwa ban mobil adalah bagian dari mobil yang sangat penting. Ban mempengaruhi keamanan sekaligus kenyamanan berkendara. Pastikan Anda memilih ban yang berkualitas dan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Inilah tips memilihnya!

Langsung saja, berikut ini hal-hal yang perlu Anda pahami saat membeli ban mobil:

1. Pilih Sesuai Tipe

Perlu Anda ketahui bahwa ban mobil memiliki tipe yang bermacam-macam. Setiap tipe ban mobil ini juga memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Sebelum membeli ban baru, Anda wajib mengetahui tipe ban dari mobil yang Anda miliki. Sebagai contoh, ban mobil untuk sedang berbeda dengan ban mobil sport. Jika menggunakan tipe yang salah, maka performanya tidak akan maksimal.

2. Cek Pola Tapak Ban

Setelah memilih tipe ban sesuai standar mobil yang Anda miliki, selanjutnya Anda perlu mengecek pola tapak ban. Bagian ini adalah bagian yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Sesuaikan pilihan pola tapak pan dengan kebutuhan sehari-hari. 

Jika Anda sering berkendara di jalanan licin, maka jangan memilih ban yang tapaknya besar atau semi slick. Sementara untuk yang sering berkendara dengan kecepatan tinggi, pertimbangkan ban yang tapaknya lebih sedikit.

3. Cek Tahun Pembuatan

Selain pola tapak ban, salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah tahun pembuatan. Biasanya harga ban mobil dengan tahun yang berbeda juga berbeda. Namun, selisih harganya tidak terlalu banyak. Pastikan Anda mencari ban dengan tahun pembuatan terbaru. Cara melihat kode produksi yaitu melalui kode bannya. Contohnya ada kode 3723 artinya pembuatannya pada pekan ke-7 tahun 2023.

4. Lihat Ketebalan Ban

Bagian selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat akan membeli ban baru adalah ketebalannya. Biasanya orang-orang mengganti ban sesuai dengan tingkat kerusakan. Jadi, tidak semua ban mobil diganti dalam satu waktu. 

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan ketebalannya saat membeli ban. Jangan membeli ban yang ketebalannya terlalu kecil ataupun besar. Anda bisa melihat ukuran ban dengan kode tertentu. Misalnya ukuran 185/55 15 inch, angka di belakang yaitu 55 adalah ketebalan ban yang artinya 55 mm. 

5. Cek Ukuran Ban

Ukuran ban sangat berpengaruh pada kenyamanan dan juga keamanan saat berkendara. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh sembarangan memilih ukuran ban. Pastikan ukurannya sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Pasalnya, ukuran ban tersebut mempengaruhi keseimbangan dan juga kemampuan pengendalian kendaraan. Anda bisa melihat buku panduan kendaraan untuk mengetahui ukuran ban yang disarankan untuk mobil Anda. 

6. Cek Bahan yang Digunakan

Terakhir, Anda perlu memperhatikan bahan yang digunakan. Meskipun harganya cenderung sedikit lebih tinggi, namun pastikan Anda membeli ban dari karet premium. Ban tersebut dirancang untuk memberikan daya cengkeram yang optimal. Bukan hanya di permukaan jalan kering saja, tapi juga di permukaan jalan basah. Bahan karet premium adalah bahan karet yang kualitasnya jelas dan terjamin.

Itulah informasi dan pembahasan mengenai hal-hal yang harus Anda perhatikan selain harga ban mobil saat membelinya. Cari ban berkualitas dengan harga yang worth it? Dunlop adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Brand satu ini menawarkan kualitas yang maksimal dengan harga sesuai kualitas. Dijamin Anda tidak akan merasa kecewa. Anda bisa datang langsung ke Dunlop Shop untuk mengetahui deretan ban yang ditawarkan.

Back To Top